Saturday, December 8, 2007

VGA


Teknologi onboard VGA yang terdapat pada motherboard, makin hari makin menarik untuk diikuti. Banyak terdapat fitur-fitur baru dan penambahan teknologi dari chipset-chipset tersebut. Dahulu, onboard VGA tentu hanya Anda kenal terdapat dalam motherboard kelas value (ekonomis) saja. Namun seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat, motherboard-motherboard kelas mainstream rupanya juga sudah mengintegrasikan onboard VGA pada produkproduknya. Tentu saja bukan hanya sebuah
chipset onboard VGA yang asal-asalan saja, melainkan onboard VGA yang sudah sangat
powerful, di mana dukungan teknologinya hampir setara dengan VGA card add-on.

Onboard VGA yang dahulu hanya dimaksudkan untuk menghemat budget pembelian PC, karena banyak kantor atau instansi pemerintahan yang membeli motherboard jenis ini, saat ini sudah berubah fungsi. Motherboard dengan onboard VGA saat ini banyak dicari karena selain praktis (tidak usah menambah VGA add-on lagi). Kemampuannya juga bias disetarakan dengan VGA add-on, yang setidaknya harus dibeli dengan harga paling murah Rp.500.000. Meskipun memang ada beberapa fitur yang tidak bisa diterapkan langsung ke dalam onboard VGA tersebut.

1 comment:

Yusuf Arif Setiawan said...

Untuk menyetarakan kapasitas memory VGA Card on board sharing Memory bagaimana caranya?. Saya ingin meningkatkan sampai 200MB keatas dari pada saat ini yang hanya 64MB. Direcxt 10 sudah terpasang. Mohon sarannya.